Rabu, 25 April 2012

Manfaat, Rintangan, dan Cara Berbahasa Inggris

mungkin jamannya globalisasi udah dateng waktu gua kelas 6 SD, ya sekitar hampir 6 tahun yang lalu. di era ini kita tahu banyak informasi dan teknologi dapat diterima begitu cepat dari belahan dunia mana pun, dan kebanyakan dua hal tersebut menggunakan bahasa inggris. saluran tv kabel, internet, dan interior mobil semua berbau  english kan?
mungkin banyak yang ga setuju bahwa bahasa inggris tuh ga terlalu penting, yang penting tuh hidup dibawa enjoy  dan cita-cita dapat dicapai -,-. NO NO NOOOO, justru bahasa inggris bisa membuat cita-cita lu lebih mudah dicapai. menurut gua manfaat bahasa inggris banyak sih diantara nya:
  • Karir
cita-cita lu mau jadi pilot? lagi transit di bandara KLM mau pake basa apa kalo ga bisa pake basa belanda? emang sih pake bahasa indonesia juga bisa, paling yang bisa diajak ngobrol cuman Daniel Sahuleka doang, itu pun dia belepotan (kidding). jadi dosen bahasa indonesia di UCLA juga belum tentu sukses kalo belum bisa bahasa inggris. yang ada mahasiswa-mahasiswa lu kelimpungan dosennya ngomong indonesia mulu ga ada kata pengatarnya, so pathetic -,-absolutely, take your english!
  • Menambah Pengetahuan Informasi dan Teknologi
SPBU bahasa inggrisnya 'No Smoking', keset panjang yang ada di kantor-kantor bahasa inggrisnya 'WELCOME', salaaaaah, bukan semua kata berbahasa inggris yang nempel pada suatu objek itu arti dari barang tersebut. maka dari itu kita harus pandai berbahasa inggris agar bisa menerima informasi dan teknologi yang marak memakai bahasa inggris.

melihat manfaat-manfaat berbahasa inggris diatas, untuk sebagian orang mungkin tertarik. nah sekarang tinggal pengaplikasiannya, tapi sebelumnya kita liat dulu apasih yang menjadi halangan untuk kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut? itu datang dari dulu sendiri!
  • Gengsi
banyak yang malu atau minder ketika berbahasa inggris, karena takut salah, takut diketawain, atau takut-takut yang lainnya. Guys, move on dong. the changes will emerge from yourself.  katanya mau bisa? 
  • Kosa Kata
"eh ini apa sih artinya?" "eh itu artinya apasih?" "eh 'what' bahasa ingrrisnya apa sih?" nah itu namanya kurang kosa kata, gimana cara nambah kosa kata yang efektif? sekarang kan lu hidup bukan di jaman purba lagi, sekarang teknologi sudah canggih kan? pastinya pada punya gadget, atau suka main game, yang gaul suka main Twitter dan Facebook. ubah bahasa yang ada di semua media tadi menjadi bahasa inggris. sering-sering buka kamus itu juga cara yang lumayan bagus, tapi lebih lambat dari Google Translate hehe.
  • Tidak Dijadikan Kebiasaan
kita bisa berjalan karena sudah dibiasakan dari semasa kita baru bisa berjalan, kita bisa naik mobil karena dibiasakan, kita bisa matematika juga karena terbiasa menerima rumus-rumus yang diberikan oleh guru kita. nah begitu juga bahasa inggris. kita juga haru membiasakan diri berbahasa inggris dengan cara menjadikan bahasa tersebut menjadi bahasa sehari-hari, misal contoh kecilnya, menyapa teman dengan perkataan 'hi' atau "hello, how are you? long time no see...blablabla..". jadi intinya,  practice makes perfect <---ngambil dari buku tulis.

kita udah tau nih apa saja yang menghambat kita jadi ga gaul karena ga bisa berbahasa inggris hehe. sekarang gimana langkah selanjutnya? how to improve your english? yap lu harus mengaplikasikannya dengan cara:
  • What Do You Want to Learn It and Why?
buat apa sih lu mau belajar inggris, kenapa lu tetep kukuh pengen belajar bahasa inggris? jadi luruskan niat lu dulu untuk apa belajar bahasa inggris, niscaya lu bisa menggapai cita-cita lu. karena innamal-a'malu bin-niyaatin, sesungguhnya pekerjaan apapun hasilnya akan tergantung pada niatnya.
  • Find a Friend to Speak with
cari teman yang bisa diajak ngobrol bahasa inggris, cari yang belum bisa juga bisa, jadi bisa sekalian belajar bareng kan? tidak hanya mengandalkan materi yang diberikan oleh tutor atau guru di sekolah lu, dengan cara mengobrol memakai bahasa inggris menurut saya lebih ampuh, lu bisa bahasa indonesia karna dajak ngobrol ama ibu lu sewaktu lu kecil, bukan diajarin make papan tulis kan?
  • Listening
terus terang, bagi saya listening tidak begitu mudah. saya juga belum maksimal jika mendengar seseorang berbahasa inggris, masih mending kalo yang melafalkannya orang indonesia, nah kalo orang bule? coba deh dengerin lagu-lagu bahasa inggris hahaha 
  • Move Your Mouth
mulutmu, harimaumu! istilah ini jangan dipakai ketika lagi belajar speaking english, lu harus memberanikan diri untuk melafalkan kata berbahasa inggris tentunya kat-kata yang bermakna baik ya guys.

jadi, bahasa inggris itu menurut saya penting melihat kita sekarang berada di zaman serba canggih ini. 

semoga bermanfaat
@titoedv :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar